You are here
Home > Kilas Ekonomi > Gula Kristal Purworejo Tembus Pasar Dunia

Gula Kristal Purworejo Tembus Pasar Dunia

PURWOREJO, BK -Gula Kristal Organik berlabel Srikandi yang diproduksi oleh Koperasi Wanita (Kopwan) Srikandi Purworejo kian tembus ke pasar internasional. Bahkan, mulai bulan ini, Kopwan Srikandi dipercaya memasok gula Kristal oleh dua negara, yakni Australia dan Sri Lanka.

Pemberangkatan ekspor gula kristal secara simbolik dilakukan dengan pemecahan kendi oleh Kelik Sumrahadi S.Sos selaku Pembina Kopwan Srikandi dan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Dra Suhartini, MM di Gedung Central Processing Unit (CPU) Kopwan Srikandi yang terletak di jalan raya Cangkrep-Bagelen KM 1 Purworejo, Kamis (10/8). 

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah Dra Ema Rachmawati, M.Hum, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Purworejo Dra Suhartini MM.

Ketua Kopwan Srikandi, Sri Susilowati SE, mengatakan, sebelumnya gula kristal Srikandi telah merambah ke beberapa negara. Namun, ekspor ke Sidney (Australia) dan Colombo (Sri Lanka) kali ini dilakukan secara langsung tanpa perantara. Berdasarkan kerja sama yang terjalin, lebih dari seratus ton gula kristal organik akan dikirim setiap bulannya.

“Kapasitas produksi kami sekitar 220 ton per bulan dan yang terserap baru 160 ton. Jadi cukup untuk memasok dua negara tersebut,” katanya.

Dijelaskan, sebenarnya sebelum ini Kopwan Srikandi sudah mengekspor ke luar negeri namun hanya bersifat insidentil, tapi kontinyu.

Menurut Susilowati, di luar negeri, gula kristal organik sudah menjadi pengganti gula pasir. Selain memiliki kadar glukosa yang rendah, gula kristal kelapa organik terbukti memiliki kandungan gizi yang tinggi.

“Produk kami telah melalui tahapan seleksi yang ketat sehingga terjamin kualitasnya,” sebutnya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa saat ini Kopwan Srikandi telah memiliki mitra binaan sevantak 2.750 petani kelapa bersertifikasi yang tersebar di Kabupaten Purworejo dan Wonosobo. Untuk memenuhi tingginya permintaan pasar, dalam waktu dekat Kopwan Srikandi akan menambah 1.200 petani di Kabupaten Kebumen dan Banyumas.

Keberhasilan Kopwan Srikandi dalam menyejahterakan anggota dan masyarakat mendapatkan apresiasi dari Dra Ema Rachmawati MHum. Menurutnya, kemandirian Kopwan Srikandi dalam bidang produksi layak menjadi contoh di Indonesia, khususnya Jawa Tengah.

“Kopwan Srikandi tidak hanya menyejahterakan anggota, melainkan juga memberdayakan masyarakat. Prinsip-prinsip koperasi masih dijalankan, ini yang paling penting. Jangan sampai koperasi kehilangan jati diri,” ungkapnya.

Meski demikian, Ema berpesan agar Kopwan Srikandi tidak terlena dengan keberhasilan yang telah dicapai. Pihaknya meminta agar regenerasi tetap diperhatikan sehingga dapat muncul tokoh-tokoh koperasi seperti Sri Susilowati.

Ema juga meminta agar kelestarian pohon kelapa diperhatikan. Salah satunya melalui koordinasi dengan dinas terkait. (Wardoyo)

One thought on “Gula Kristal Purworejo Tembus Pasar Dunia

Tinggalkan Balasan

Top