You are here
Home > Berita > SMK PN Purworejo Luluskan 372 Siswa, yang Terserap Lapangan Kerja Baru 35%

SMK PN Purworejo Luluskan 372 Siswa, yang Terserap Lapangan Kerja Baru 35%

PURWOREJO, Sebanyak 372 siswa SMK PN dan SMK PN 2 diwisuda kelulusannya. Wisuda dan pelepasan siswa dilaksanakan di halaman Kampus SMK PN Purworejo, Sabtu (18/5). Wisuda ditandai dengan pengalungan samir oleh Kepala SMK PN H. Suhad, S.Pd.M.M.Pd dan Kepala SMK PN 2 Sugiri, S.Pd.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan pemberian reward kepada sejumlah siswa berprestasi di masing-masing kompetensi.

Dalam sambutannya H. Suhad, S.Pd.M.M.Pd berharap agar para lulusan segera dapat bekerja sesuai kompetensi keahliannya masing masing.

Diungkapkan, target SMK PN dan PN 2 seluruh lulusannya semua bisa langsung terserap dunia kerja, namun karena terkendala para lulusan masih mbok-mbok en dan sebaliknya orang tua tidak memberi ijin maka untuk tahun ini baru terserap 35 persen.

Dicontohkan, banyak para siswa yang sudah lolos seleksi rekrutmen tenaga kerja tapi tidak jadi berangkat karena tidak ijin dari orang tua. “Karena itu kami berharap orang tua siswa bisa mendukung sehingga target penyerapan tenaga kerja bisa terealisasi, ” ucap H. Suhad.

Sementara pembina Yayasan Pembaharuan Drs. Ari Edi Prasetya berharap para lulusan bisa menerapkan disiplin ilmu yang sudah diperoleh sesuai dengan program keahlianya.

” Baik melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi maupun bekerja. Karena arah kebijakan pemerintah lulusan SMP 70 persen melanjutkan ke SMK dan 30 persen ke SMA sehingga lebih banyak warga negara yang mandiri dan punya ketrampilan sesuai bidangnya.” tuturnya.

Disamping itu Ari Edi Prasetya juga berpesan agar para lulusan jangan melupakan tata Krama seperti yang sudah diajarkan di sekolah sehingga lulusan tetap mempunyai karakter.

” Selain ilmu pengetahuan dan pendalaman ilmu agama para siswa juga kita bekali dengan Tata Krama melalui pendidikan karakter. Tata Krama sendiri terbagi menjadi empat, tata wicara, tata busana, tata upacara dan tata boga, ” tandas Ari. (*)

Tinggalkan Balasan

Top